Skip to main content

Dasar Hukum Thoriqot

                Masalah darasr hukum ilmu Thoriqot sbenaranya harus kita lihat dari segimana ilmu thoriqot dilihat, apa dari thoriqot itu sendiri  atau yang lain sehingga dapat diketahui secara jelas kedudukannya dalam ilmu Islam. Hal ini untuk menghindarkan adanya penilaian yang salah terhadap Thoriqot yang selama ini tumbuh dan berkembang dengan pesat di Indonesia terutama di Tanah Jawa dan Sumatara yang disusul Pulau lain di wilayah timur .

Beberapa ulama Thoriqot berpendapat bahwa dasar hukum ilmu thoriqot dapat dilihat daru segi segi sebagai berikut;

* Eksistensi
Ilmu thoriqot sebenarnya bertujuan untuk melaksanakan ilmu Syariat secara tertib dab teratur  serta teguh diatas norma norma  yang dikehendaki oleh Allah dan Rosulnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah;

Dan bahwasanya : jika mereka tetap berjalan lurus diatas jalan itu ( agama Islam)benar benar kami aakan memberikan minum kepada mereka air yang segar(rejeki yang banyak)    QS Al Jin 16.

Ayat ini yang dijadikan oleh para ulama ahli Thoriqot sebagai dasar hukum dalam melaksanakan amalan amalannya. Dan seperti biasa banyak orang yang menentang dijadikannya ayat tersebut sebagai dasar hukum Thoriqot.

menurut tinjauan Ulama Thoriqot ayat diatas secara formal ( bunhyil afalnya) maupum materialnya( sisi yang tersirat didalamnya) adalah jelas merupkan tempat  sumber hukum diijinkannya melaksanakanamalan amalan thoriqot. karena dengaan mengamalakn Thariqot akan didapat tujuaan yang bermuara pada tujuan pelaksanaan SyariatIslam yang dikehemdaki Allah dan Rosulnya.

Selanjutnya dari segi materi poko dari amalan Thoriqot berupa wirid dzikrullah baik yang dilaksanakan terus menerus maupun scera terus menerus yang membuat kita terhindar dari segala hal yang mengakibatkan kita lupa kepada Allah SWT.

Sesuai dengan firman Allah ;
hai orang orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama ) Allah , dzikir yang sebanyak banyaknya . Dan bertasbihlah kepada Nya di waktu pagi dan petang."
QS Al Ahzab 41-42

Maka dengan ayat diatas jelas lah bahwa Allah memerintahkan kita semua untuk senantiasa berdzikir dengan menyebut nama Allah , baik dilakukan pagi dan petang, siang atau pun malam.

Jadi amAlan dzikir sebagaimana yang tadi di perintahkan adalah bersifat Mutlak yang belum ada Qayyid nya . Dalam arti bahwa syariat dzikir bentuk  hukmnya masih global. Rosulollah sendiri tidak banyak memberikan perincian atau Qayyid baik yang berbentuk syarat syarat rukun rukun ataupun kaifiyat kaifiyat.
  dari sini lah umat diberi wewenang  untuk menciptakan syariat syarat,rukun dan kaifiyat kaifiyat dzikrullah asalak tidak menyimpang dari tatanan syara' seacar prinsipal. itulah sebabnya para ulama thariqqot sama menciptakan syarat,rukun kaifiyat tertentu mislakan tentang waktu dan cara membacanya dan lain sebagainya.

* Sasaran
Dari segi sasaran pokok yang hendak dicapai dalam mengamalakan Thoriqot adalah mewujudkan rasa manunggal dalam menjalankan syariat Nya secara utuh dan tersa indah oleh pantulan cahaya Allah SWT. Sebagaiman hadist rasululloh;

Diriwayatkan dari Abi Hurairoh berkata bahwa pada waktu hari Rosululloh berada ditengah tengah sekelompok orang banyak tiba tiba ada seorang laki laki (jibril) datang kepadanya seaya bertanya, Apakah iman itu?
nabi menjawab: Iman adalah;
1. kamu percaya adanya Allah
2. Dan percaya kepada malaikat  Nya
3. percaya akan bertemu Allah di hari akhirat
4. Percaya terhadap Rosul Nya
5. Percaya adanya hari kebagkitan
Selanjutnya laki laki tersebut bertanya lagi kepada nabi: Apakah Islam iti?
Jawab nabi:
Islam ialah menyembah kepada Allah dan jangan menyekutukannya, mengerjakan sholat(fardu) ,menunaikan zakat,berpuasa romadlon,
kemudian laki laki itu bertanya lagi kepada diri nabi:
Apakah Ikhsan itu?
Jawab nabi:
 Ikhsan yaitu engkau menyembah Allah seakan akan engkau melihat Nya, sekiranya engkau tidak melihatny Nya maka Allah melihat engkau"
(HR Bukari)


Popular posts from this blog

Rapal Dan Doa Aji Brajamusti

                     Aji Braja musti adalah aji yang memberikan kekuatan luar biasa pada orang yang memilikinya. Berbentuk seperti cakra berputar didepan dad pemiliknya serta di penuhi Aura kuning keemasan sehingga kekuatan ghaibnya tida tandingannya. Saking hebatnya ilmu ini banyak tidak diturunkan karena akan berbahaya bagi pemiliknya jika disalahgunakan. Aji Braja musti sangat terkenal di dunia pendekar silat karena hampir mustahil untuk mengalahkannya. Dan seantero Nusantara akan tahu aji Brajamusti dengan berbagai rapal dan juga doanya. Dan pada kesempatan ini akan saya tampilkan rapal dan doa aji brajamusti dari berbagai perguruan. tentu mereka mengklaim yang asli. - Puasa 3 hari, dimulai hari selasa kliwon (puasa seperti puasa dibulan ramadhan). - Selama dalam puasa, mantra dibaca sehabis shalat fardhu 100 X - Sesudah puasa mantra dibaca sehari 3 X manteranya: Bismillahirrokhmanirrokhim Sun amatek aji ajiku brajamusti terap terap awe-awe, kuru-kuru, griyo gunting drijiku, wa

Manfaat Dan Khasiat Batu Akik Fosil Kayu Jati

Batu akik fosil kayu Jati adalah salah satu batu akik dengan kekuatan alami karena proses alami yang terjadi selama jutaan tahun. Dianggap mempunyai energi murni paling hebat sehingga sekarang banyak di buru oleh pecinta batu akik. Batu akik ini diyakini para pemiliknya membuat awet muda serta memeberikan aura kewibawaan sehingga sangat cocok dipakai sehari hari karena memang tidak ada pantangannya. Pada jaman dahulu batu akik fosil kayu Jati lebih banyak dipakai para petani karena dianggap bisa menghalau hama tikus serta memberikan kesuburan pada tanaman padi , meskipun itu belum tentu benar tetapi disekitar daerah Kabupaten Tuban msayarkatnya sangat percaya itu. Baca juga  Cara mudah belajar membuka mata bathin Saat ini, selain warga Tuban sendiri, batu akik jenis Fosil Kayu Jati juga banyak di buru warga dari daerah lain, seperti Surabaya, lamongan, Bojonegoro, gersik dan beberapa daerah lain yang memesan batu berwarna coklat dan memilik corak lingkaran mirip kayu jati ini.

Bentuk Fisik Khodam Dalam Tubuh Mausia

Selamat datang kembali di blog ini yang mengupas seputar dunia ghaib dan sekitarnya, khodam manusia mungkin bagi sebagian orang masih bingung apa itu khodam yang ada dalam diri manusia dan dari mana asalnya? Jika khodam putih iasanya berbentuk orang tua berjubah putih dan terlihat sangat tua sedangkan yang hitam sebaliknya. Namun khodam otu tidak datang dengan sendirinya, biasanya khodam putih akan muncul saat kita mengamalkan amalan baik seperti dzikir dan sejenisnya. Seperti anak-anak, biasanya melambangkan pribadi yang penurut dan energik, biasanya bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya dan akan menuruti semua perintah si manusia, tetapi tidak semuanya bisa untuk diajak bertukar pikiran karena kesederhanaan berpikirnya yang seperti anak-anak. Jika sosoknya seperti seorang ksatria (laki-laki atau perempuan), biasanya melambangkan pribadi yang energik, bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya. Memancarkan aura kewibawaan / kar