Skip to main content

Ciri Ciri Investasi Bodong Alias Penipuan

Banyaknya investasi yang menghasilkan banyak keuntungan ternyata banyak dimakan mentah oleh masyarakat sehingga banyak di gunakan oleh golongan tertentu untuk memanfaatkan situasi ini, salah satunya adalah permaian uang berkedok investasi yang banyak memakan korban di masyarakat. dan berikut ini ciri ciri umum investasi bodong alias penipuan;

* hasil yang lebih banyak dan besar dari investasi umum
* Menggunakan jalur online untuk menjerat korbannya karena dianggap lebih baik , hal ini dikarenakan media online tidak perlu bertatap muka dengan korban sehingga mengesampingkan perasaan.

* bersifat berantai atau getok tular dengan investasi yang tidak ada barangya, kalaupun ada harga barang tersebut sangat tidak wajar.
* mengiming imingi  dengan hasil besar dalam waktu singkat dan dananya di kelola di luar negeri.
* Sering sekali mencatut nama seorang pejabat atau tokoh terkenal untuk menyakinkan korban.
* tidak memiliki ijin dan juga tidak tercantum di otoritas jasa keuangan sehingga sangat mungkin terjadi penipuan dan penyelewengan dana nasabah korbannya.
* Menjanjikan bonus barang mewah (mobil mewah), tur keluar negeri.
* Mengaitkan antara investasi dengan charity atau ibadah.
* Memberi kesan seolah-olah bebas risiko.
* Memberi kesan seolah-olah dijamin atau berafiliasi dengan perusahaan besar/multi nasional.
* Tidak memiliki izin usaha atau memiliki izin usaha tetapi tidak sesuai dengan kegiatan usaha yang dilakukan.

Berikut ini adalahbeberapa praktek investasi bodong yang pernah ada di Indonesia;
 1. PT GradasiAnak Negeri – Investasi Perdagangan

    Kasus ini mencuat pada Mei 2012. Investor ditawari untuk berinvestasi dalam produksi sarden dengan iming-iming keuntungan 10 persen dari modal awal yang akan diberikan sejak minggu ke-2 hingga ke-52. Investor juga akan mendapat bonus tambahan yang langsung diterima dalam bentuk tunai dan cek jika berhasil menarik investor baru.
    Dalam 3 bulan sejak didirikan, aksi berbaju skema Ponzi ini langsung kolaps. Selama aksinya, kurang lebih 21 ribu nasabah terjaring dengan total dana terhimpun Rp390 miliar.
    Tak ada produk kalengan ikan Sarden bermerek KIKU saat seluruh jaringan kantor PT Gradasi Anak Negeri digeledah polisi. Memang tak ada. Sarden hanyalah produk fiktif untuk menarik investor.
2. CV Sukma Semarang – Arisan Berantai

    Aksi ini mencuat pada April 2008. Aksi dilakukan dengan kedok program pelunasan kredit kendaraan bermotor. Nasabah diwajibkan membayar uang pendaftaran Rp700.000 dan mengajak 2 orang lainnya. Perusahaan menjanjikan subsidi Rp 500.000 setiap bulan selama 26 bulan berturut-turut kepada nasabah sebagai bantuan kredit motor, bahkan menjanjikan subsidi Rp 9 juta pada bulan ke-9.
    Total dana yang berhasil dihimpun mencapai Rp28 miliar. Kurang lebih 40 ribu nasabah telah tertipu, yang mayoritas masyarakat kelas bawah.

3. Raihan Jewellery – Kontrak Futures Semu Berbasis Emas

    Kasus ini mencuat pada Februari 2013. Ini adalah investasi bodong terkait emas. Perusahaan berjanji untuk membeli kembali investasi emas nasabah pada harga pembelian yang telah disepakati, yakni harga nasabah saat pertama kali beli. Masa kontrak 6 bulan. Nasabah dijanjikan mendapat cash back 1,5 persen – 2 persen per bulan selama masa kontrak.
    Raihan kolaps, tak mampu membayar cash back, dan resmi ditutup pemiliknya per Januari 2013. Dana investasi emas masyarakat yang berhasil dijaring Raihan Jewellery sangat fantastis, Rp13,2 triliun dari penjualan 2,2 ton emas.
4. Pandawa Investasi – Investasi Online

    Modusnya adalah investasi online Forex (Foreign exchange). Pelaku merekrut nasabah melalui website “Pandawa Investasi” dengan alamat situs http://pandawainvestasi.com/. Nasabah dijanjikan tingkat keuntungan sebesar 50 persen, 70 persen, 100 persen, dan 300 persen tergantung dari nilai investasi yang ditradingkan. Skema yang digunakan adalah model piramida.
    Aksi penipuan sudah berlangsung sejak November 2012 sampai dengan Mei 2013 dan berhasil meraup dana hingga Rp40 miliar.

 Lalu bagaimana menghindari investasi bodong ini?
Perlu bagi nada untuk selalu berhati hati dalam menyikapi investasi model ini , dan ;

1. Jangan mudah percaya dengan janji manis yang tidak masuk akal
2. Pilihlah jenis investasi yang riil atau ada wujudnya seperti peluang usaha perkebunan atau properti, emas batangan terutama bagi pemula meskipun tidak semua investasi riil ini benar
3. Pelajari dengan seksama dan detail penawaran investasinya termasuk asal-usul pembagian hasil
4. Cari tau tentang investasi itu dengan bertanya kepada orang lain atau bertnya kepada om google
5. Jangan terburu-buru mengambil keputusan sebelum dapat kesimpulan dan anda yakin dengan kesimpulan itu
6. Jangan menyerahkan dana anda sebelum mempelajari perjanjian dengan detail dan usahakan ada saksi dalam penandatanganan lebih baik jika dilakukan di hadapan notaris.
7. Perhatikan bukti pembayaran atau penyerahan dana untuk investasi itu. Hal ini jadi pegangan anda jika terjadi sesuatu yang tidak dinginkan.
8. Tidak ada investasi yang menjanjikan pengembalian investasi secara pasti dalam jumlah berlipatganda apalagi dalam rentang waktu yang singkat

Banyaknya investasi ,money game dan apapaun jenis bisnis online di internet seringkali adalah bentuk dari penipuan yang berevolusi menjadi sedemikian rupa sehingga memanfaatkan segala macam media untuk menjerat korbannya, penting untuk memahami cara kerja   investasi seperti ini, timbang  resiko untung dan ruginya sebelum terjun dalam investasi yang mungkin saja bentuk lain dari penipuan jaman sekarang.

Popular posts from this blog

Rapal Dan Doa Aji Brajamusti

                     Aji Braja musti adalah aji yang memberikan kekuatan luar biasa pada orang yang memilikinya. Berbentuk seperti cakra berputar didepan dad pemiliknya serta di penuhi Aura kuning keemasan sehingga kekuatan ghaibnya tida tandingannya. Saking hebatnya ilmu ini banyak tidak diturunkan karena akan berbahaya bagi pemiliknya jika disalahgunakan. Aji Braja musti sangat terkenal di dunia pendekar silat karena hampir mustahil untuk mengalahkannya. Dan seantero Nusantara akan tahu aji Brajamusti dengan berbagai rapal dan juga doanya. Dan pada kesempatan ini akan saya tampilkan rapal dan doa aji brajamusti dari berbagai perguruan. tentu mereka mengklaim yang asli. - Puasa 3 hari, dimulai hari selasa kliwon (puasa seperti puasa dibulan ramadhan). - Selama dalam puasa, mantra dibaca sehabis shalat fardhu 100 X - Sesudah puasa mantra dibaca sehari 3 X manteranya: Bismillahirrokhmanirrokhim Sun amatek aji ajiku brajamusti terap terap awe-awe, kuru-kuru, griyo gunting drijiku, wa

Manfaat Dan Khasiat Batu Akik Fosil Kayu Jati

Batu akik fosil kayu Jati adalah salah satu batu akik dengan kekuatan alami karena proses alami yang terjadi selama jutaan tahun. Dianggap mempunyai energi murni paling hebat sehingga sekarang banyak di buru oleh pecinta batu akik. Batu akik ini diyakini para pemiliknya membuat awet muda serta memeberikan aura kewibawaan sehingga sangat cocok dipakai sehari hari karena memang tidak ada pantangannya. Pada jaman dahulu batu akik fosil kayu Jati lebih banyak dipakai para petani karena dianggap bisa menghalau hama tikus serta memberikan kesuburan pada tanaman padi , meskipun itu belum tentu benar tetapi disekitar daerah Kabupaten Tuban msayarkatnya sangat percaya itu. Baca juga  Cara mudah belajar membuka mata bathin Saat ini, selain warga Tuban sendiri, batu akik jenis Fosil Kayu Jati juga banyak di buru warga dari daerah lain, seperti Surabaya, lamongan, Bojonegoro, gersik dan beberapa daerah lain yang memesan batu berwarna coklat dan memilik corak lingkaran mirip kayu jati ini.

Bentuk Fisik Khodam Dalam Tubuh Mausia

Selamat datang kembali di blog ini yang mengupas seputar dunia ghaib dan sekitarnya, khodam manusia mungkin bagi sebagian orang masih bingung apa itu khodam yang ada dalam diri manusia dan dari mana asalnya? Jika khodam putih iasanya berbentuk orang tua berjubah putih dan terlihat sangat tua sedangkan yang hitam sebaliknya. Namun khodam otu tidak datang dengan sendirinya, biasanya khodam putih akan muncul saat kita mengamalkan amalan baik seperti dzikir dan sejenisnya. Seperti anak-anak, biasanya melambangkan pribadi yang penurut dan energik, biasanya bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya dan akan menuruti semua perintah si manusia, tetapi tidak semuanya bisa untuk diajak bertukar pikiran karena kesederhanaan berpikirnya yang seperti anak-anak. Jika sosoknya seperti seorang ksatria (laki-laki atau perempuan), biasanya melambangkan pribadi yang energik, bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya. Memancarkan aura kewibawaan / kar