Skip to main content

Menjauhkan Kesialan Dalam Hidup Menurut Islam

Islam adalah agama yang paling sempurna dan agama yang paling lengkap dalam  memberi tuntnan kehidupan, bahkan dalam hal apapun termasuk memandang kesialan darai hidup kita. Namun sebelum lebih jauh mengatakan kesialan dalam kehidupan kita, mari kita pahami dulu pandangan Islam dalam hal ini. Ada suatu masalah penting di sini yang permasalahannya perlu kami dudukkan dengan benar, yaitu adanya beberapa hadits yang sekilas saling bertentangan. Dalam banyak hadits, khurofat tersebut ditiadakan bahkan dimasukkan kategori kesyirikan. Namun, di sisi lain ada beberapa hadits yang sekilas mengisyaratkan adanya beberapa makhluk yang membawa sial.

Bagaimana permasalahannya?! Dan bagaimana komentar ulama mengenainya?! Marilah kita kaji bersama masalah ini secara ilmiah.
Teks Hadits

    عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « الشُّؤْمُ فِى الدَّارِ وَالْمَرْأَةِ وَالْفَرَسِ ».

    Dari Abdulloh bin Umar berkata: “Saya mendengar Nabi shallalllahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Kesialan itu dalam tiga perkara: kuda, wanita, dan rumah.’”[1]
    عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنْ كَانَ الشُّؤْم فَفِى الْمَرْأَةِ وَالْفَرَسِ وَالْمَسْكَنِ ».

    Dari Sahl bin Sa’ad  bahwasanya Rosululloh shallalllahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seandainya kesialan itu ada, maka pada wanita, kuda, dan tempat tinggal.”[2]

Baca juga Doa agar terhindar dari kesialan

Seringkali kita masih terjangkiti perasaan bertathayyur. Perasaan sial (tathayyur) bisa menghapus rasa tawakkal kepada Allah SWT . Seperti kepercayaan nomor 13 penyebab kesialan dst .

tathayyur (perasaan sial) hukumnya haram dan bisa merusak tauhid. Rasulullah saw telah menafikan pengaruhnya, menjadikannya sebagai perbuatan syirik serta mem-beritahukan bahwa dia tidak akan mendatangkan sesuatu kepada orang muslim juga beliau menganggapnya sebagai jibt (sihir).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya “Tidak ada adwa, thiyarah, hammah dan shafar.” (HR. al-Bukhari, 10/206 dan Muslim, no. 2220).

Syaikh Muhammad Shalih al-Utsaimin berkata, “Seseorang apabila membuka pada dirinya perasaan sial, maka dia akan merasakan dunia yang sempit…

Adwa: Penjangkitan atau penularan penyakit. Maksud sabda Nabi di sini ialah untuk menolak aggapan mereka ketika masih hidup di zaman Jahiliyah bahwa penyakit berjangkit atau menular dengan sendirinya, tanpa kehendak dan takdir Allah subhanahu wata’ala. Anggapan ini ditolak oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bukan keberadaan dan penularannya, sebab dalam riwayat lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk menjauh dari orang yang terkena penyakit kusta (lepra) sebagaimana menjauh dari singa (HR. al-Bukhari),

 Allah Swt Berfirman ( Q.S.2.Al - Baqorah :222 )

Innallaha yuhibbut tawwabiina wa yuhibbul mutatohhiriin
Artinya : sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan mensucikan diri
Dalam hal ini mensucikan diri dari segala hadast baik untuk membuang kesialan meskipun kesialan itu hanyalah anggapan manusia saja.

Doa menghilangkan kesialan dalam tubuh

Beberapa cara menghilangkan kesialan dalam hidup kita menurut islam adalah;
*   Bertaubat

Oleh karena salah satu sebab datangnya kesialan itu adalah dosa-dosa yang kita perbuat.

Sesungguhnya, tiadalah beruntung orang-orang yang berbuat dosa. (Q.S. Yunus [10] : 17)

Walaupun maksud dari ayat di atas adalah tidak beruntung karena orang yang berdosa itu akan disiksa dan dihukum di neraka, namun tidak beruntung di sini bisa juga berarti tidak beruntung di dunia. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits bahwa kemaksiatan bisa menyebabkan kesempitan rezeki.

Sesungguhnya seorang diharamkan rezeki baginya disebabkan dosa yang diperbuatnya. (H.R. Tirmidzi dan Al Hakim)

Maka untuk menghilangkan kesialan itu adalah dengan melakukan taubatan nasuha. Namun bisa jadi pula untuk sementara waktu rezeki itu masih disempitkan walaupun sudah melakukan taubatan nasuha, hal itu dikarenakan untuk melebur dosa dosa kita dan kita dibuat susah payah dalam mencari rezeki. Jika ia sabar dalam kesusahan itu maka akan mendapat pahala yang pahalanya itu dapat menutupi dan melebur dosa dosanya.

* Bersedekah

Oleh karena salah satu sebab ketidakberkahan dan ketidakberuntungan itu karena tidak ditunaikannya zakat, kurang bershodaqoh sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah s.a.w.

Tiada suatu kaum menolak mengeluarkan zakat melainkan Allah menimpa mereka dengan paceklik (kemarau panjang dan kegagalan panen). (HR. Ath-Thabrani)

Maka untuk menghilangkan kesialan adalah dengan cara bershodaqoh.

Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersodaqoh dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana. (H.R. Ath-Thabrani)

Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh. (H.R. Al-Baihaqi)

* Bertaqwa

Salah satu sebab datangnya nya kesialan adalah karena kurangnya taqwa seseorang. Taqwa itu adalah berhati hatid dan menjaga diri dalam menapaki kehidupan ini dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Maka akibat dari kurang taqwa itu bisa menyebabkan seseorang terus menerus dirundung malang dan tidak beruntung nasibnya.

Sedangkan orang yang bertaqwa kepada Allah akan mendapatkan keberuntungan dan ditunjukkan jalan keluar dari masalah yang dihadapinya

Bertaqwalah kepada Allah agar kamu beruntung. (Q.S. Al-Baqarah 189)

Selain itu ia juga akan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dan dicukupi keperluannya

Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupi (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (Q.S. Ath-Thalaaq [65] : 2-3)

Dan janagn lupa selalu berdoa dalam setiap langkah dalam mengawali suatu pekerjaan dan niatkan dalam hati hanya untuk mencari ridlo Allh SWT.

Popular posts from this blog

Rapal Dan Doa Aji Brajamusti

                     Aji Braja musti adalah aji yang memberikan kekuatan luar biasa pada orang yang memilikinya. Berbentuk seperti cakra berputar didepan dad pemiliknya serta di penuhi Aura kuning keemasan sehingga kekuatan ghaibnya tida tandingannya. Saking hebatnya ilmu ini banyak tidak diturunkan karena akan berbahaya bagi pemiliknya jika disalahgunakan. Aji Braja musti sangat terkenal di dunia pendekar silat karena hampir mustahil untuk mengalahkannya. Dan seantero Nusantara akan tahu aji Brajamusti dengan berbagai rapal dan juga doanya. Dan pada kesempatan ini akan saya tampilkan rapal dan doa aji brajamusti dari berbagai perguruan. tentu mereka mengklaim yang asli. - Puasa 3 hari, dimulai hari selasa kliwon (puasa seperti puasa dibulan ramadhan). - Selama dalam puasa, mantra dibaca sehabis shalat fardhu 100 X - Sesudah puasa mantra dibaca sehari 3 X manteranya: Bismillahirrokhmanirrokhim Sun amatek aji ajiku brajamusti terap terap awe-awe, kuru-kuru, griyo gunting drijiku, wa

Manfaat Dan Khasiat Batu Akik Fosil Kayu Jati

Batu akik fosil kayu Jati adalah salah satu batu akik dengan kekuatan alami karena proses alami yang terjadi selama jutaan tahun. Dianggap mempunyai energi murni paling hebat sehingga sekarang banyak di buru oleh pecinta batu akik. Batu akik ini diyakini para pemiliknya membuat awet muda serta memeberikan aura kewibawaan sehingga sangat cocok dipakai sehari hari karena memang tidak ada pantangannya. Pada jaman dahulu batu akik fosil kayu Jati lebih banyak dipakai para petani karena dianggap bisa menghalau hama tikus serta memberikan kesuburan pada tanaman padi , meskipun itu belum tentu benar tetapi disekitar daerah Kabupaten Tuban msayarkatnya sangat percaya itu. Baca juga  Cara mudah belajar membuka mata bathin Saat ini, selain warga Tuban sendiri, batu akik jenis Fosil Kayu Jati juga banyak di buru warga dari daerah lain, seperti Surabaya, lamongan, Bojonegoro, gersik dan beberapa daerah lain yang memesan batu berwarna coklat dan memilik corak lingkaran mirip kayu jati ini.

Bentuk Fisik Khodam Dalam Tubuh Mausia

Selamat datang kembali di blog ini yang mengupas seputar dunia ghaib dan sekitarnya, khodam manusia mungkin bagi sebagian orang masih bingung apa itu khodam yang ada dalam diri manusia dan dari mana asalnya? Jika khodam putih iasanya berbentuk orang tua berjubah putih dan terlihat sangat tua sedangkan yang hitam sebaliknya. Namun khodam otu tidak datang dengan sendirinya, biasanya khodam putih akan muncul saat kita mengamalkan amalan baik seperti dzikir dan sejenisnya. Seperti anak-anak, biasanya melambangkan pribadi yang penurut dan energik, biasanya bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya dan akan menuruti semua perintah si manusia, tetapi tidak semuanya bisa untuk diajak bertukar pikiran karena kesederhanaan berpikirnya yang seperti anak-anak. Jika sosoknya seperti seorang ksatria (laki-laki atau perempuan), biasanya melambangkan pribadi yang energik, bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan manusia yang diikutinya. Memancarkan aura kewibawaan / kar